Minggu, 25 Maret 2012

I. PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP MANAJEMEN

Macam-macam lingkungan organisasi dan pengaruhnya terhadap perusahaan

Lingkungan organisasi adalah semua elemen di dalam maupun di luar organisasi yang dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan suatu organisasi. Menurut Fred Emery dan Eric Tris Lingkungan Organisasi dibagi menjadi 4 macam yaitu:
  • Lingkungan Placid randomized
Permintaan didistribusikan secara acak, perubahan lamban, perubahan dapat diramalkan, ancaman paling sedikit.
  • Lingkungan Placid-clustered
Perubahan lamban, ancaman terhadap organisasi lebih bersifat kelompok. Misalnya pemasok masukan dan distributor keluaran membentuk koalisi/aliansi
  •  Lingkungan disturbed_reactive
Terdapat banyak saingan yang mencari tujuan yang sama. Organisasi mengembangkan setrangkaian inisiatif taktis, memperhitungkan reaksi pesaing, menyusun strategi tindakan balik. Persaingan ini membutuhkan fleksibilitas dan strukturnya cenderung  terdesentralisasi.
  •  Lingkungan Turbulent-field
Paling dinamis, ketidakpastian paling besar, perubahan selalu terjadi dan element dalam lingkungan smakin saling berhubungan(multiplier effect)

Sedangkan Organisasi dilihat dari struktur lingkungannya dapat dibagi menjadi 2, yaitu
  1.     Oganisasi mekanistik
Pada organisasi mekanistik tugas didefinisikan dengan jelas.  pembagian wewenang cenderung sentralistik, dimana wewenang lebih banyak di pusat/ top manajemen, sedangkan bawahan hanya memiliki sedikit wewenang, mekanistik hubungan kerja yang mendominasi adalah hubungan vertikal antara atasan dan bawahan (Vertical relationship), mekanistik formalisasi (tingkat formalitas yang ada dalam hubungan kerja) tinggi, ukuran kinerja yang dominan adalah Loyalitas dan Kepatuhan.
  2.     Organisasi Organik
 Pada organisasi organik tugas pada organisasi dibuat global (tidak rinci) dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan, pembagian wewenang cenderung desentralistik, dimana bawahan diberikan kewenangan yang lebih, hubungan kerja lebih didominasi oleh hubungan lateral (Lateral Relationship), formalisasinya rendah, ukuran kerja yang dominan adalah Komitmen dan Prestasi.

Berdasarkan theory di atas dapat disimpulkan bahwa:
  1.     Lingkungan Placid lebih tepat dijawab dengan organisasi yang mekanistik
  2.     Lingkungan Turbulent lebih efektif dengan organisasi yang Organik 
  3.      Sedangkan Lingkungan Disturbed Reactive lebih tepat dijawab oleh struktur organisasi yang mix antara mekanistik dan organik.
 MANAJEMEN DAN GLOBALISASI
 1. MANAJEMEN
    
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli :

  • Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (By : Drs. Oey Liang Lee )
  • Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan. (By : James A.F. Stoner)
  • Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. (By : R. Terry ) 
 2. GLOBALISASI
   


Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik.
Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia.
Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi. Globalisasi terjadi karena faktor-faktor nilai budaya luar, seperti:
a. selalu meningkatkan pengetahuan;
b. patuh hukum;
c. kemandirian;
d. keterbukaan;
e. rasionalisasi;

Globalisasi terjadi melalui berbagai saluran, di antaranya:
a. lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan;
b. lembaga keagamaan;
c. indutri internasional dan lembaga perdagangan;
d. wisata mancanegara;
e. saluran komunikasi dan telekomunikasi internasional;
f. lembaga internasional yang mengatur peraturan internasional; dan
g. lembaga kenegaraan seperti hubungan diplomatik dan konsuler.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar